Wednesday, April 5, 2017

PENCIPTA LAMBANG NAHDLATUL ULAMA


Kh.Ridwan abdullah,

Salah satu tokoh penting berdirinya NU yaitu Kh.Ridwan abdullah,
Ulama kelahiran kampung carikan bubutan surabaya,beliu lahir pada 1 januari 1885,beliau juga di kenal sebagai ulama seniman.
Kh.Ridwan lahir dan di besarkan di keluarga santri surabaya,Setelah tamat dari sekolah dasar belanda kh.Ridwan di kirim oleh ayah nya ke pesantren untuk mendalami ilmu agama,di antara pesantren yang pernah ia tempat ti untuk belajar ilmu agama ialah..
(1)Pesantren Buntet, cirebon
(2)Pesantren siwalan panji,Sidoarjo
(3)Pesantren Bangkalan,Madura

     Setelah - + 11 tahun,belajar dari para alim ulama,kemudian Beliau merasa masih kurang puas dengan apa yang di dapat dari para ulama pulau jawa.
     Pada tahun 1901 beliau pergi ke mekkah untuk mendalami agama,-+ 3 tahun beliau menimba ilmu agama di sana,lalu kembali ke tanah air.
Pada tahun 1911 beliau berangkat lagi untuk yang ke dua kali ke mekkah dan bermukim sekitar 1tahun lamanya.
Setelah pulang dari mekkah beliau mulai bergabung dengan kegiatan kebangsa'an di tempat beliu tinggal.

Bersamakh.WahabHasbullah,kh.Ridwan aktif dengan berbagai aktifitas di Nahdlatul waton yang di dirikan pada tahun 1916.
     Perjumpa'an nya dengah tokoh-tokoh kalibers,seperti Hos cokro aminoto,Soekarno dr.Sutomo,dan para tokoh yang lain nya,mengobarkan semangat penuh.
Lewat jam'iyah Nahdlatul Ulama,yang di dirikan pada 31 januari 1926,kh.Ridwan Abdullah Berjuang menentang kolonialisme sekaligus Mengikhtiarkan kelahiran Republik Indonesia.Peran Kh Ridwan abdullah pada masa awal kelahiran NU sangat penting,beliaulah yang menciptakan lambang NU,yang sekarang menjadi kebanggaan organisasi warga nahdliyin di seluruh nusantara.Setelah jam'iyah terbentuk anggaran dasar organisasi di buat,para kiyai memasrahkan tugas membuat lambang NU kepada Kh.Ridwan abdullah,agar sa'at mukhtamar kedua NU sudah memiliki lambang.
    Lewat mimpi selepas istikharah untuk memohon petunjuk kepada ALLAH SWT,kh Ridwan abdullah melihat lambang itulah yang kemudian di pasang ketika pada mukhtamar ke dua.
Begitulah sedikit cerita tentang Kh.Ridwan Abdullah dan Lambang NU,semoga kita bisa sama-sama mengambil hikmah dari cerita tersebut,serta menjadi  lebih  bangga dengan NU.

No comments:

Post a Comment