Thursday, April 20, 2017

ARTI LAMBANG NAHDLATUL ULAMA


As'salamualaikum,,selamat malam semua, alhamdlillah ta lupa mengucap rasa syukur kepada allah SWT,yang telah memberi nikmat sehat,yang mana saya sebagai admin galeri ulama nusantara masih bisa update kembali,berkat nikmat yang telah allah berikan ke pada saya.amin

 Pada update tan terakhir kemarin menceritakan tentang siapa pendiri Lambang NAHDLATUL ULAMA (NU).dan kali ini masih seputar NU,insya allah akan saya terangkan arti dari lambang NU,se pengetahuan saya tentang lambang NU, jika masih ada yang salah dan kurang benar saya mohon ma'af yang sebesar-besar nya,karna saya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.kritik dan saran silahkan tinggalkan di komentar.
Berikut penerangan tentang lambang NU yang di jelaskan langsung oleh kh.Ridwan abdullah pada muktamar ke dua NU,yang di hadiri para tokoh tokoh ulama NU termasuk KH.Hasim asy'ari.
Setelah beliau(kh.Ridwan abdullah) melakukan  sholat istikharah untuk meminta petujuk ke pada allah swt,kemudian beliau bermimpi dan menggambarkan hasil mimpi tersebut di atas kain yang berbentuk fandal,lambang Bola dunia yang di lingkari seutas tali tambang yang tersimpul di bagian bawah dan sembilan bintang.
  Banyak masyarakat NU yang belum mengerti arti lambang NU tersebut 
(1)Bola dunia/bumi yang terdapat pada gambar di situ adalah simbol pendirian mausia sebagai mahluk yang terbuat dari tanah dan akan kembali ke tanah.
(2)Tali yang melingkari bumi menggambarkan ukhuwah islamiah dan simpul di bawah nya melambangkan  persatuan,untaian tambang 
Yang jumlah nya sembilan puluh sebilan menyimbolkan asmaul husnah.
(3) Sembilan bintang yang mengelilingi bola dunia juga mengandung makna religius tinggi.Bintang utama paling besar di atas bumi  menggambarkan Rasulullah MUHAMAD SAW.Dan empat bintang di kanan kiri nya menyimbolkan khulafa urrasyidin,yakni sahabat terdekat Rasulullah MUHAMAD SAW.
Sedangkan empat bintang di bawah nya menandakan kesetian NU terhadap madzhab empat,sementara keseluruhan sembilan jumlah bintang menandakan wali songo,sebagai penyebar agama islam di bumi nusantara.
(4) Kaligrafi arab jamiyah NAHDALTUL ULAMA yang melintasi bumi adalah inisiatif kh.Ridwan abdullah sendiri yang tidak termasuk dari mimpi.
      Lambang NU yang di ciptakan kh.Ridwan abdullah resmi di pakai jamiyah organisasi islam terbesar  di bumi nusantara ini,Hingga hari ini.
Demikian penjelasan arti lambang NU,  Semoga bermanfa'at.
Amin...

No comments:

Post a Comment